Memuat...
DTE :]
  • Kamil IT-Karnaval IT
Posted by : Unknown 28 Mar 2013

Di era Modern ini Dunia sedang mengalami zaman keemasan dimana semua menjadi sangat praktis, mudah dan fleksibel. Hal ini disebabkan karena Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia yang sangat membahana. Inovasi-inovasi yang di lahirkannya mampu dirasakan setiap harinya. Sehingga Perkembangan IT telah masuk ke Indonesia.

lalu, Bagaimana Perkembangan IT di Indonesia?

Perkembangan IT di Indonesia sangatlah cepat, tepat, dan akurat, sehingga mampu meningkatkan produktivitas. Perkembangan IT memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis dengan teknologi ini seperti, e-goverment, e-education, e-medicine, e-commerce, e-laboratory, e-learning, dan lainya, yang semuanya itu berbasis elektronika.

Di Indonesia, Teknologi Informasi sudah menjadi santapan sehari-harinya. Sehingga anak usia dini hingga orang dewasa(lansia) dapat merasakan Perkembangan IT ini. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah :
1. Informasi untuk kehidupan Pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi dan rohani.
2. Informasi untuk Profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi bisnis.

Perkembangan IT sangat berperan penting dalam kemajuan Indonesia, salah satunya berperan dalam bidang Pendidikan. Nyaris semua bidang pendidikan masa kini sudah tersentuh oleh teknologi. mulai dari yang paling sederhana sekalipun sudah tersentuh oleh teknologi. contohnya adalah sebuah website atau web blog yang mengusung tema pendidikan dengan segala pernak-perniknya. semua hal yang bersifat pendidikan diulas dan dibahas habis hingga ke akarnya. Sangat luar biasa bukan? dari contoh yang paling sederhanapun dapat memberikan efek positif yang luar biasa.
    Menurut Rosenberg(2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu :
      1. dari Pelatihan ke Penampilan
      2. dari Ruang Kelas ke Dimana dan Kapan saja
      3. dari Kertas ke 'On Line'
      4. dari Fasilitas Fisik ke Fasilitas Jaringan Kerja
      5. dari Waktu Siklus ke Waktu Nyata.

      Fakta Perkembangan IT di Indonesia dibidang Pendidikan yaitu:
      1. Ditunjukkan oleh adanya penggunaan internet di Indonesia yang sangat tinggi. Kebanyakan pengguna internet adalah Pelajar. Pelajar menggunakan internet itu sebagai sarana pembelajaran yang baru, yang hampir tidak di pelajari di sekolahnya.

      2. Dalam membantu perkembangan IT di Indonesia, Indonesia telah membangun sekolah-sekolah yang khusus mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi, bahkan Perguruan Tinggi (Universitas) di indonesia telah mampu mengembangkan dan menciptakan inovasi di bidang IT, contoh : IBI Darmajaya.

      Maka dari itu Perkembangan IT di Indonesia harus selalu di tingkatkan kualitas dan mutunya, agar kelak dimasa yang akan mendatang, anak bangsa mampu mengangkat derajat Negara Indonesia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

      Leave a Reply

      Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

      - Copyright © 2013 MielCreav - MielCreav | Karnaval IT - Blogger - Thanks to w3schools -