Memuat...
DTE :]
  • Kamil IT-Karnaval IT
Posted by : Unknown 31 Mar 2013

Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi informasi di dunia menyebabkan kemampuan komputer maju pesat, kemampuan komputer selalu meningkat setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Kemajuan-kemajuan Teknologi Informasi sudah mulai dirasakan oleh anak-anak Indonesia, khususnya di dalam bidang Pendidikan. IT digunakan mereka sebagai alat pembelajaran yang sangat canggih, karena ilmu pengetahuan selalu update tiap harinya di dalam Cyberspace. Namun, disamping perkembangan IT yang sangat cepat, tentunya ada beberapa kelemahan dalam dunia IT di Indonesia, di bawah ini beberapa kelamahan IT di Indonesia yang saya ketahui khususnya di bidang Pendidikan :
1. Kehadiran IT didalam pendidikan sangat diterima oleh kalangan pelajar, minat pelajar terhadap Teknologi Informasi sangatlah tinggi. Tetapi, Perkembangan IT di Indonesia sebagian belum mampu dirasakan oleh anak-anak bangsa yang berada didaerah-daerah terpencil. Padahal keinginan mereka untuk mempelajari teknologi sangat tinggi.

2. Sulitnya mengakses internet karena Mahal dan Kecepatan Aksesnya kurang memadai.

3. Tenaga pengajar yang menguasai komputer dan internet yang masih kurang(kurang SDM & Skill).

Akhirnya pemanfaatan IT di sekolah belum menjadi skala prioritas, mengingat masih banyaknya kebutuhan lain yang dianggap prioritas dibandingkan dengan Internet dan Lab Komputer. Kami para pelajar merasa mengeluh, karena belum bisa merasakan kemajuan IT secara Maximal, hanya mereka yang beruntung yang bisa merasakan kemajuan IT dengan maximal. Dan juga kami yang tinggal didaerah - daerah terpencil hanya bisa mendengar di radio dan melihat di TV tentang kawan-kawan kami yang mampu menorehkan prestasi dibidang IT, kami terbawa rasa senang dan bangga, tetapi akan lebih senang dan bangga jika kami ikut berkompetisi dan berinovasi di dibang IT demi kemajuan bangsa Indonesia.

Kelemahan dunia IT di Indonesia tidak hanya di bidang Pendidikan saja, ada juga di bidang Industri yaitu masih kurangnya produk-produk teknologi informasi, terutama perangkat lunak, sebagai produk industri dalam negeri. Jika dilihat dari sisi kompetensi, maka sebetulnya Indonesia tidak kekurangan tenaga ahli dibidang ini. Tapi Mengapa kita tidak mampu membangun industri perangkat lunak yang handal?

Kemudian, yang saya ketahui lagi yaitu dibidang Keamanan dan Pertahanan, banyak sekali pengguna internet yang menggunakan internet dengan tidak baik, hal ini menunjukkan bahwa kriminalitas di Dunia IT khususnya di Indonesia masih tinggi. Contohnya kejahatan yang terjadi di Dunia IT adalah hacking, cracking, pembobolan rekening, pembajakan, cyberbully, dll.

Dari berbagai kelemahan Dunia IT di Indonesia saat ini dapat disimpulkan bahwa masih banyak tugas bagi Indonesia dalam pengembangan dunia IT agar Teknologi informasi di Indonesia dapat maximal dalam hal pemanfaatan dan penggunanya. Walaupun demikian, penyalahgunaan IT juga sering dilakukan, sebagai makhluk yang berakal budi, maka kita seharusnya mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik. Dengan begitu perkembangan IT di Indonesia akan lebih maju dan berkembang dengan sangat pesat.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Berikan Kritik dan Saran yang membangun bagi Penulis. :-d

    BalasHapus

- Copyright © 2013 MielCreav - MielCreav | Karnaval IT - Blogger - Thanks to w3schools -